Apple iPad Baru: A5X Dual-Core, Grafik Quad-Core, Retina Display Baru, 4G LTE+Hotspot, Mulai US$499

Apple hari ini telah mengumumkan tablet iPad generasi ketiga yang memakai layar Retina dengan resolusi tinggi, seperti yang pernah dirumorkan sebelumnya. Tim Cook, CEO Apple mengatakan ‘Kamu tidak akan mengerti betapa hebat ini sampai kamu melihatnya’.

Berikut Official Apple (New) Ipad Trailer


Harga iPad baru ini dibandrol mulai $499 untuk model 16GB, $599 untuk 32GB, $699 untuk 64GB. Sedangkan untuk model 4G LTE masing-masing dari $629, $729, dan $829. Jajaran iPad baru akan mulai tersedia tanggal 16 Maret di Amerika Serikat dan bisa mulai dipesan. Setelah itu, pada tanggal 23 Maret, iPad baru ini akan tersedia di 32 negara lain. Apple juga menurunkan harga iPad generasi sebelumnya yaitu iPad 2 model 16GB menjadi 399 dolar sementara untuk model wifi + 3G akan dijual seharga 529 dolar.

Layar barunya memiliki kerapatan 2048 x 1536 piksel atau 264 piksel per inci (ppi). Layar ini ditenagai prosesor A5X dual-core dengan kemampuan grafik quad-core. Selain itu iPad baru ini akan tetap memiliki ketahanan baterai 10 jam atau 9 jam pada jaringan 4G. Ketebalannya 9,4 milimeter dengan bobot 1,4 pound atau 0.635 kilogram.


Ada fitur baru yang dipasang di iPad ini yaitu kamera iSight di bagian depan dan kamera belakang (5MP) yang memakai sensor iluminasi bagian belakang (backside illuminator) plus lensa 5 elemen dan filter hibrid inframerah. Sepintas kamera ini mirip dengan yang ada di iPhone 4S kecuali pada sensor yang sedikit lebih rendah. Kamera belakang ini bisa merekam video HD 1080p.

Apple menyediakan iOS 5.1 untuk mendukung kinerja iPad baru ini. Sistem operasi ini juga mulai tersedia hari ini untuk semua pengguna iOS lain. Sementara itu dukungan Siri bahasa Jepang akan tersedia dalam beberapa pekan ke depan. Fitur pendikte suara juga akan dipasang, bukan untuk menjadi asisten Siri namun memungkinkan pengguna merekam tulisan melalui suara.

Fitur baru lainnya adalah koneksi 4G LTE ditambah 3G HSPA+ (hingga 21 Mbps) dan juga HSDPA (42Mbps). Koneksi ini akan tergantung pada layanan data yang disediakan operator seluler. Fitur ini juga didukung kemampuan iPad baru sebagai hotspot 4G yang tidak bisa dilakukan di iPad gnerasi sebelumnya.

Dengan resolusi baru, berbagai aplikasi telah diperbarui di antaranya iWork, iMove dan Garage Band. Apple juga memperkenalkan iPhoto untuk iPad sebagai aplikasi pengedit foto sederhana (hingga ukuran 19 MP) ditambah fitur Photo Journals untuk melihat koleksi foto yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Cook juga mengumumkan upgrade dari produk ‘iTunes in the Cloud’ yang sekarang mendukung fitur streaming film di semua perangkat iOS. Film akan disediakan hingga resolusi 1080p. Apple TV versi baru juga diintrodusir pada acara tersebut. Pada versi ini dipasang dukungan untuk film 1080p dan antarmuka baru dengan bentuk mirip pada iOS. Harganya masih 99 dolar dan akan mulai tersedia pada pekan depan.

Di bagian akhir acara, Tim Cook mengatakan tentang peran Apple di dunia pasca-PC. Komputer personal bukan lagi pusat dunia digital namun hanyalah salah satu perangkat digital yang ada. Perangkat yang akan semakin banyak dipakai adalah perangkat portabel dan lebih personal sehingga makin lebih mudah dipakai komputer PC. Produk iPad telah menjadi penanda lahirnya komputasi personal.

Sebagai perbandingan, Apple pada tahun lalu mampu menjual 172 juta unit perangkat pasca-PC termasuk iPad, iPhone, dan iPod. Sekitar 62 juta unit di antaranya dijual pada triwulan terakhir tahun 2011 lalu. Jika iPad dianggap sebagai bagian dari komputer personal maka penjualannya akan melebihi jumlah penjualan komputer dari berbagai vendor PC dunia dengan jumlah penjualan 15,4 juta unit.

About msidikp

Belajar Nge-Blog

Posted on Maret 13, 2012, in Informasi IT. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: