Bekam atau Hijamah, buat apa?

BEBERAPA DALIL TERAPI BEKAM:

HR. Ibnu Maajah & At Tirmidzi:

Pada Malam Aku di Isra’ kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata: ” Wahai Muhammad, suruhlah umatmu melakukan Bekam”.

SHAHIH SUNAN ABU DAWUD:

“Kalaulah dalam sesuatu dari apa yang kalian pergunakan untuk berobat adalah baik, maka itu adalah ber-bekam/hijamah”.

KETERANGAN ILMIAH:


SIAPAPUN ORANGNYA, DI DALAM TUBUHNYA PASTI TERDAPAT TIMBUNAN RACUN/OKSIDAN YANG BERASAL DARI :

  • MAKANAN ATAU MINUMAN BERPENGAWET
  • ALKOHOL
  • ZAT PEWARNA
  • PESTISIDA
  • LOGAM
  • POLUSI UDARA (ASAP ROKOK, KENDARAAN, MESIN PABRIK)
  • POLUSI TANAH & AIR

DALAM ILMU KIMIA OKSIDAN ADALAH: SENYAWA PENERIMA ELEKTRON (ELECTRON ACCEPTOR) YAITU SENYAWA YANG DAPAT MENARIK ELEKTRON. OKSIDAN DAPAT MENGGANGGU INTEGRITAS SEL/MERUSAK SEL KARENA DAPAT BEREAKSI DENGAN KOMPONEN-KOMPONEN SEL YANG PENTING UNTUK MEMPERTAHANKAN KEHIDUPAN SEL, BAIK KOMPONEN STRUKTURAL (MIS. MOLEKUL-MOLEKUL PENYUSUN MEMBRAN) DAN KOMPONEN FUNGSIONAL (MIS. ENZIM-ENZIM DAN DNA).

Zink mempunyai kegunaan penting yaitu sebagai anti
oksidan; melindungi sel dari pengaruh kerusakan
oksigen yang dihasilkan selama aktivasi imun. Selain
itu zink juga mengatur ekspresi dalam limfosit
metaloetionin dan protein. Dengan aktifitas anti oksidan
konsentrasi zink membran sangat dipengaruhi oleh diit
defisiensi zink. Suplementasi zink dapat mencegah
peroksidasi lemak dan suplementasi zink mencegah
kerusakan paru pada tikus akibat hipoksia dengan cara
membatasi kerusakan membran oleh radikal bebas
selama inflamasi (Shankar & Prasad, 1998).

TIMBUNAN RACUN (OKSIDAN) DALAM TUBUH DAPAT MENYEBABKAN:

  • PENYERAPAN NUTRISI TIDAK OPTIMAL
  • FUNGSI-FUNGSI ORGAN TUBUH MENURUN/TERGANGGU
  • SISTEM IMUNITAS MENURUN/TERGANGGU
  • MUDAH CAPEK, LELAH, LESU
  • KULIT KUSAM
  • WAJAH TERLIHAT LEBIH TUA, TIDAK SEGAR
  • KEHILANGAN GAIRAH/ENERGI
  • MUDAH SAKIT
  • SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)
  • DEMAM/FLU
  • KELEBIHAN BERAT BADAN
  • KECAPEKAN KARENA LELAH BERDIRI (PEKERJA PABRIK)
  • KOLESTEROL & TRIGLISERIDA (ASAM URAT) TINGGI
  • TEKANAN DARAH TINGGI
  • (RENTAN) PENYAKIT MENULAR SEKSUAL
  • KEHILANGAN GAIRAH SEKS
  • PENUAAN DINI
  • MUNCUL TUMOR/KANKER
  • PENYAKIT DEGENERATIF
  • PENYAKIT INFEKSI LAINNYA (Infeksi Pembuluh Jantung)
  • ANGINA PEKTORIS (KEJANG OTOT JANTUNG)
  • PENYAKIT PARU-PARU (ASMA, BRONKITIS, FLEK)
  • KELENJAR TIROID, AMANDEL
  • VERTIGO/MIGRAIN
  • REMATIK
  • KISTA/MYOM
  • ALERGI KULIT
  • SULIT KETURUNAN
  • SINUSITIS
  • PENYAKIT PERUT & LEHER DLL.

PENYEDOTAN/PEMBUANGAN OKSIDAN/RACUN ADALAH MUTLAK DILAKUKAN AGAR FUNGSI ORGAN-ORGAN PENYARING RACUN DAN ORGAN PEMBUANGAN SEPERTI GINJAL, LIVER DAN USUS BESAR/KOLON SELALU BEKERJA OPTIMAL DAN KITA TERHINDAR DARI PENYAKIT-PENYAKIT TERSEBUT DI ATAS.
Kelebihan metode pengobatan ini adalah tidak menimbulkan efek samping yang negatif sebab tidak menggunakan obat-obatan kimia. Menurut dunia kedokteran, di bawah kulit, otot, maupun fascia terdapat suatu poin atau titik yang mempunyai sifat istimewa. Antara poin satu dengan poin lainnya saling berhubungan membujur dan melintang membentuk jaring-jaring (jala), jala ini dapat disamakan dengan meridian atau habi. Dengan adanya jala maka ada hubungan yang erat antarbagian tubuh sehingga membentuk satu kesatuan yang tak terpisahkan dan dapat bereaksi secara serentak. Artinya, kelainan yang terjadi pada satu poin dapat menular dan mempengaruhi poin lainnya. Sehingga pengobatan satu titik dapat menyembuhkan bagian-bagian yang sakit lainnya.

Sebagian kecil yang bisa disebutkan disini adalah :

  1. Sakit kepala secara umum.
  2. Pusing-pusing yang bersifat sementara.
  3. Migraine.
  4. Hemiplegia (lumpuh separo).
  5. Perdarahan otak.
  6. Bermacam sakit di wajah, seperti sakit gigi, telinga, mata, dan hidung
  7. Varises.
  8. Rheumatik.
  9. Low Back Pain.
  10. Gout (encok)
  11. Hemorhoid (wasir)
  12. Haid tidak teratur.
  13. Elephantiasis (kaki gajah)
  14. Sesak nafas.
  15. Mata bengkak (exophtalmus, proptosis)
  16. Liver maupun limpa.
  17. Enuresis (ngompol)
  18. Konstipasi/sembelit.
  19. Furunkel/bisul.
  20. Hipertensi
  21. Mencegah Kanker, karena racun dalam tubuh berkurang dan hilang.
  22. Dll.

Dan masih banyak penyakit-penyakit lain yang tidak diketahui kecuali oleh Allah semata, dan ” Dia lah yang Maha Penyembuh”.

Larangan Berbekam:

Orang tua renta yang sakit tanpa daya dan upaya. Penderita tekanan darah sangat rendah (dianjurkan minum habbatussauda). Penderita sakit kudis. Penderita diabetes mellitus. Perut wanita yang sedang hamil. Wanita yang sedang haid. Orang yang sedang minum obat pengencer darah. Penderita leukemia, thrombosit, alergi kulit serius. Orang yang sangat letih / kelaparan / kenyang / kehausan / gugup.

Anggota bagian tubuh yang tidak boleh di-bekam :

Mata, telinga, hidung, mulut, puting susu, alat kelamin, dubur. Area tubuh yang banyak simpul limpa. Area tubuh yang dekat pembuluh besar. Bagian tubuh yang ada varises, tumor, retak tulang, jaringan luka .

Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan. Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan-makanan berat 2-3 jam sebelumnya.

Waktu Bekam:

Sebaiknya berbekam dilakukan pada pertengahan bulan, karena darah kotor berhimpun dan lebih terangsang (darah sedang pada puncak gejolak). Anas bin Malik r.a. menceritakan bahwa : “Rasulullah SAW biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya. Beliau melakukannya pada hari ketujuhbelas, kesembilanbelas atau keduapuluhsatu.” (Diriwayatkan oleh Ahmad). . :.

Pemilihan waktu bekam adalah sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan penjagaan diri terhadap penyakit.

Adapun untuk pengobatan penyakit, maka harus dilakukan kapan pun pada saat dibutuhkan. Dalam hal ini Imam Ahmad melakukan bekam pada hari apa saja ketika diperlukan. Hal ini berdasarkan ucapan Rasulullah SAW : “Jangan sampai mengalami ketidakstabilan darah, karena itu bisa mematikan.” .. .

Ibnul Qayyim berkata :, “Pengarang Al Qanun berkata, Diperintahkan penggunaan bekam bukan pada awal bulan (Qamariyah), karena cairan-cairan dalam tubuh kurang aktif bergerak dan tidak normal. Bukan pula akhir bulan, karena cairan-cairan itu berkurang. Yang baik ialah pada pertengahan bulan, ketika cairan-cairan di dalam tubuh bergolak dan mencapai puncak penambahannya, karena bertambahnya cahaya dari rembulan.’

————————————————–

http://www.kalbe.co.id/files/cdk/files/06PatofisiologiBatukOksidan084.pdf/06PatofisiologiBatukOksidan084.html

http://gus7.wordpress.com/2008/10/13/terapi-mengeluarkan-timbunan-racun-dalam-tubuh/

http://med.unhas.ac.id/DataJurnal/tahun2005vol26/Vol26No.3Supplementok/5-Suryani%20As%27ad.pdf

Reflexologi, atau zone therapy,

merupakan tindakan pemijatan, peremasan atau penekanan pada bagian-bagian telapak kaki / tungkai kaki, tangan dan juga telinga, dengan tujuan mendorong efek menguntungkan bagi bagian-bagian tubuh yang lain, atau untuk meningkatkan Kesehatan Umum, dengan memanipulasi titik-titik refleksi yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh lainnya dapat meningkatkan Kesehatan melalui CHI / KHI / QI atau “aliran energi”. Kepentingan dan keperluan refleksologi telah meningkat secara professional medis yang dapat menyembuhkan secara potensial penyakit-penyakit serius yang ada. Hal ini sangat terkait dengan lancarnya aliran darah yang dapat dilajukan oleh terangsangnya enzim-enzim tubuh tertentu oleh karena pengaruh Refleksi

————————————————–

KIROPRAKTIK:

Chiropractic, also known as chiropractic care, is a world-wide health discipline that seeks to prevent and treat health problems utilizing spinal adjustments in order to correct subluxations. The brain and nervous system control and coordinate all the body’s functions, in part through nerve branches that exit from the spinal cord between the verterbra.
Slight spinal misalignments are said to interfere with the function of the nerve as it exits the verterbral foramina. Chiropractors were the first to infer a causal relationship between nerve interferance or compression at the spine, and subsequent problems in more distant parts or organ systems regulated by the nerve.

Practitioners of chiropractic are called chiropractors. They receive the degree Doctor of Chiropractic, (D.C.) and are commonly called a doctor in the same way that a dentist is called a doctor. The term chiropractic physician is allowed in some states, but this term is not in general use.

This practice has been shown to be effective in treating back and neck pain, headaches, and other symptoms of spine-related conditions.

RUQYAH SYAR’IYYAH

Terapi Penyakit Medis & Non-Medis dengan Pemberian Pemahaman Fungsi dan Makna Ayat Al-Qur’an yang terangkai dalam Do’a Ruqyah Syar’iyyah. Do’a atau Bacaan yang mengandung Harapan untuk Hidup Lebih Baik dengan Petunjuk ALLAH yaitu Al-Qur’anul Kariim. Sebaik-baik Ruqyah adalah ruqyah diri sendiri.

————————————————–

KONSULTASI KESEHATAN UMUM MELALUI PEMAHAMAN FUNGSI DARAH DAN KAITANNYA DENGAN POLA HIDUP SEHARI-HARI.

Berdasarkan data yang ada, manusia memiliki jenis/golongan darah yang berbeda-beda. Golongan darah ini, secara Ilmu Gizi dan Kesehatan Umum, sangat menentukan metabolisme tubuh. Mulai dari jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, hingga kadar gizi, mineral dan vitamin dalam makanan/minuman hingga jenis metabolisme akhir tubuh manusia yang seringkali ditanggapi secara remeh.

Melalui konsultasi penyadaran diri ini, diharapkan, setiap kita memiliki pola piker dan pola hidup yang sesuai dengan apa yang di ajarkan Rasulullah agar tercapai hidup yang sehat Lahir dan Bathin. InsyaALLAH.

————————————————– .

Keberadaan Madu, minyak Zaitun, Jintan Hitam (Habbatussawda, Nigela Sativa) serta Kurma dan beberapa unsur alam bermanfaat lainnya, cukup menjadi kebutuhan utama bagi kesehatan manusia secara umum.

About msidikp

Belajar Nge-Blog

Posted on Mei 4, 2009, in Dunia Islam, Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: