Bluetooth 3.0 Lebih Cepat, Daripada Pakai Wi-Fi atau USB

Grup khusus pecinta Bluetooth, Selasa (21/4) kemarin telah secara resmi merilis Bluetooth 3.0 yang diklaim akan menjadi standard koneksi terbaru. Improvisasi terbesar untuk Bluetooth 3.0 ini adalah kecepatan, yang dapat mentransfer data, setelah sebelumnya hanya 3Mbps, versi 3.0 ini dapat menstransfer hingga 24Mbps. Menurut Bluetooth SIG, Bluetooth 3.0 dinilai lebih cepat karena membawa protocol radio 802.11, yang pada dasarnya memudahkan protocol Bluetooth untuk menerima sinyal Wi-Fi ketika mentransfer data dalam jumlah besar, seperti video, musik dan foto.

Dalam sebuah email, CEO Bluetooth SIG, Michael Foley juga mengklaim bahwa rate transfer data perangkat ini mencapai 22 hingga 26Mbps. Ini adalah salah satu keuntungan Bluetooth 3.0 untuk device yang menggunakan koneksi tersendiri, karena hal ini berarti user dapat mentransfer data antar dua device dengan kecepatan tinggi tanpa harus menggunakan kabel USB atau log-on ke jaringan Wi-Fi.

Fitur Bluetooth 3.0 ini termasuk Unicast Connectionless Data yang memberikan improvisasi responsive dan menghemat energi baterai lebih baik, juga Enhanced Power Control yang dapat mengurangi insiden putusnya sambungan yang disebabkan oleh pergerakan, seperti meletakkan ponsel di saku atau kantong. Dari acara All-Hands Meeting di Tokyo, Bluetooth SIG mengatakan bahwa manufaktur seperti Atheros, Broadcom dan CSR telah siap membawa komputer dengan device Bluetooth 3.0 ke device manufaktur, TV, dan gadget yang akan dijual dalam waktu 9 hingga 12 bulan mendatang. Seperti contohnya, LG Electronics yang akan segera mengumunkan LCD 7000 dan televisi Plasma yang akan menggunakan headphone wireless via Bluetooth 3.0 ini.

Walaupun belum ada kepastian akan adanya adopsi Bluetooth dengan UWB (UltraWideBand) untuk user dan manufaktur, namun WiMedia Alliance telah memberikan spesifikasi untuk UWB radio ke Bluetooth SIG dan Wireless USB Promoter Group.(h_n)

<!–
google_ad_client = “pub-4490269111107861”;
/* 468×15, created 10/14/08 */
google_ad_slot = “9591135272”;
google_ad_width = 468;
google_ad_height = 15;
//–>

window.google_render_ad();
Diskusikan berita ini di Diskusi BeritaNET.com

About msidikp

Belajar Nge-Blog

Posted on April 28, 2009, in Informasi IT. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: